MENU MELAYANG

Pola Dasar Candlestick Jepang

Spinning Tops

Candle dengan bayangan atas yang panjang, panjang bayangan lebih rendah dan tubuh kecil disebut spinning tops. Warna tubuh tidak terlalu penting. Pola ini menunjukkan kebingungan antara pembeli dan penjual.



Tubuh yang kecil (apakah kosong atau diisi) menunjukkan gerakan kecil dari buka ke tutup, dan bayangan menunjukkan bahwa kedua pembeli dan penjual berjuang tapi tidak ada yang menang. Meskipun sesi dibuka dan ditutup dengan sedikit perubahan, harga bergerak secara signifikan lebih tinggi dan lebih rendah untuk sementara.

Jika bentuk Spinning top terjadi selama uptrend, ini biasanya berarti tidak banyak pembeli yang tersisa dan kemungkinan pembalikan arah dapat terjadi.

Jika bentuk Spining top terjadi selama downtrend, hal ini biasanya berarti tidak ada banyak penjual yang tersisa dan kemungkinan pembalikan arah dapat terjadi.

Marubozu

Marubozu berarti tidak ada bayangan dari tubuh. Tergantung pada apakah tubuh adalah candle yang terisi atau kosong, yang tinggi dan rendah adalah sama seperti membuka atau menutup. lihatlah dua jenis Marubozus pada gambar di bawah.



Sebuah Marubozu Putih berisi tubuh putih panjang tanpa bayangan. Harga buka sama dengan harga terendah dan harga penutupan sama dengan harga tertinggi. Ini adalah candle yang artinya sangat bullish karena bahwa pembeli yang memegang kendali seluruh sesi. Ini biasanya menjadi bagian pertama dari kelanjutan bullish atau pola pembalikan bullish.

Sebuah Marubozu hitam berisi tubuh hitam panjang tanpa bayangan. buka sama dengan tertinggi dan tutup sama dengan yang terendah. Ini adalah candle yang sangat bearish karena menunjukkan bahwa penjual mengendalikan harga seluruh sesi. Biasanya menyiratkan kelanjutan bearish atau pembalikan bearish.

Doji

Doji candle memiliki harga buka dan tutup yang sama atau setidaknya tubuh mereka sangat kecil. Doji harus memiliki tubuh yang sangat kecil yang muncul sebagai garis tipis. Candle Doji menunjukkan keragu-raguan atau perjuangan untuk posisi antara pembeli dan penjual.

Harga bergerak di atas dan di bawah harga buk selama sesi, tapi dekat atau sangat dekat dengan harga buka. Baik pembeli maupun penjual mampu mengontrol dan hasilnya adalah seri. Ada empat jenis Doji. Panjang bayangan atas dan bawah dapat bervariasi dan candle yang dihasilkan tampak seperti salib, terbalik tanda silang atau plus.



Ketika Doji terbentuk, perhatikan candle sebelumnya. Jika Doji terjadi setelah serangkaian candle dengan badan berongga panjang (seperti White Marubozus), ini menunjukkan bahwa pembeli menjadi lelah dan melemah. Agar harga terus naik, dibutuhkan lebih banyak pembeli tetapi tidak ada lagi! Penjual menjilati daging, memasuki pasar dan menyetir harga kembali turun.



Jika Doji terjadi setelah serangkaian candle dengan badan diisi panjang (seperti Black Marubozus), ini menunjukkan penjual menjadi lelah dan lemah. Agar harga terus jatuh, dibutuhkan lebih banyak penjual tetapi penjual sudah ditendang keluar! Pembeli berbusa di mulutnya dan mempunyai kesempatan untuk masuk pasar dengan harga murah.



Pada bagian berikutnya, kita akan melihat formasi candle tertentu dan apa yang mereka beritahukan kepada kita. Diharapkan, pada akhir pelajaran ini, Anda akan tahu bagaimana mengenali pola candle dan membuat keputusan perdagangan berdasarkan pola candle.

Blog Post

Artikel Terkait

Back to Top


Buku Trading & Merchandise

DEMO AKUN

Gunakan Akun Demo dahulu untuk belajar dan praktik serta melatih pemahaman Anda.

Stats